5 Sebab Kenapa Orang Indonesia Itu Suka Kepo

Berkat kemajuan teknologi, sekarang kita gak perlu repot-repot lagi kalau mau mencari informasi. Tinggal buka search engine, semua keterangan yang kita butuhkan sudah tersedia. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kebiasaan orang Indonesia yang suka kepo dengan urusan orang lain. Kalau mau cari tau tentang hidup seseorang, sekarang kita tinggal buka sosial medianya dan kita akan dengan mudah mendapat semua update tentangnya.

Ngomong-ngomong soal kepo, Sobat sadar gak sih kalau orang Indonesia punya tingkat kekepoan yang super kronis. Rasanya gak bisa kalau gak ngurusin urusan orang lain. Jujur, mimin sering merasa terganggu dengan kebiasaan orang Indonesia yang satu ini. sampai sering muncul pertanyaan “kira-kira kenapa ya banyak orang Indonesia suka kepo?” Dari pembahasan itu, mimin jadi buat anabel alias analisa gembel tentang kekepoan orang Indonesia yang sudah masuk stadium IV. Kira-kira kenapa? Simak aja sob.



1. Latah Suka Ikutin Orang Lain

5 Sebab Kenapa Orang Indonesia Itu Suka Kepo - PernahJadiHot

Latah bukan istilah buat orang-orang yang suka ikutin omongan orang lain aja tapi bisa juga digunakan untuk orang-orang yang suka copycat atau niru perbuatan orang lain. Contoh paling gampangnya waktu lagi ada kecelekaan. Gara-gara ngeliat ada orang berkerumun, para pengendara motor, mobil, dan pejalan kaki, jadi ikutan penasaran apa yang sebenarnya terjadi. Hasilnya, jalanan pasti jadi super macet karena para motor dan mobil jalannya super pelan bahkan berhenti ambil foto dulu buat diposting ke sosial media.





2. Kebiasaan Turun Temurun dari Keluarga

5 Sebab Kenapa Orang Indonesia Itu Suka Kepo - PernahJadiHot

Hal ini juga berpengaruh terhadap pembentukkan sifat kepo dari seseorang. Orang tua pasti kepo pengen tau segala sesuatu yang dilakukan anaknya (ya wajar dong, namanya juga orang tua). Waktu kecil, Ayah dan Ibu Sobat pasti suka tanya-tanya apa sih yang Sobat lakukan di sekolah, temannya siapa, gurunya kaya gimana, dsb. Selain itu, keluarga besar juga suka kepo dengan kehidupan kita. Paling keliatan waktu lagi ngumpul acara besar kaya Lebaran. Pasti tante dan saudara-saudara Agan kepo banget nanyain “udah punya pacar belum?” “Kapan nikah?” “Kapan punya anak?” dsb. Gak heran sih, orang-orang jadi ikutan kepo.




3. Kalau Gak Tau Dianggap Gak Gaul

5 Sebab Kenapa Orang Indonesia Itu Suka Kepo - PernahJadiHot

Mimin rasa, poin ke 3 ini juga cukup berdampak pada tingkat kekepoan seseorang. Banyak orang takut dicap gak up-to-date sama lingkungan sekitar, makanya dia akan mencari informasi sebanyak mungkin biar nyambung kalau diajak ngobrol. Ya, kalau Sobat suka kepo-in hal-hal positif sih gak masalah. Asal jangan kepo urusan orang lain aja ya!




4. Rasanya Bangga Bisa Tau Semua Informasi

5 Sebab Kenapa Orang Indonesia Itu Suka Kepo - PernahJadiHot

Ada rasa bangga dan puas waktu sobat berhasil mendapatkan informasi yang lengkap tentang sesuatu, termasuk berita tentang hidup seseorang. Bahasa kerennya guilty pleasure sob, meskipun tau salah, tapi tetep aja enjoy dilakuinnya. Contohnya: walaupun gak ada faedahnya buat hidup kita, tapi waktu tau ternyata bos kita punya mantan istri dan sudah punya anak 3, rasanya bangga karena bisa membongkar sesuatu yang selama ini ditutup-tutupi.




5. Kurang Kerjaan Aja

5 Sebab Kenapa Orang Indonesia Itu Suka Kepo - PernahJadiHot

Iya beneran, orang yang lagi banyak kerjaan, gak ada waktu buat kepo-kepoin hidup orang. Mereka lebih mentingin kerjaan dan masalah mereka beres dibanding nyari info tentang orang lain. Lain halnya dengan orang-orang yang suka kepo. Waktu luang/ waktu leyeh-leyeh lebih banyak diisi untuk update kehidupan artis/ teman kantor/ teman kuliah/ bahkan mantan.




Nah, itu lah ke lima sebab asal asalan kenapa orang indonesia suka kepo. Postingan ini ngga ilmiah, jadi jangan dimasukin hati gan. Agan termasuk orang yang bisa membedakan kan? mana yang buat seneng - seneng sama yang serius? kwkwkw

Postingan terkait: