Ciri - Ciri Kenalan Anda Orang Yang Nggak Bener

Ada seorang nitizen yang hendak share wawasan/pengalaman pribadinya untuk anda yang barusan dapat kenalan supaya tau kenalan anda itu orang baik - baik atau orang jahat - jahat. Bagi yang belum punya kenalan silahkan cari dulu, untuk membuktikan isi postingan ini. Bisa di FB, instagram atau binggo live atau apa itu.

Yang sudah punya kenalan simpan dulu kesimpulan anda tentang kenalan anda itu. Hanya karena muka dia polos belum tentu dia itu orang baik - baik. Hanya karena dia bawaannya tenang siapa tau dalemnya tegang. Hanya karena dia orangnya berisik belum tentu kalo 'main' dia berisik. Hanya karena dia suka menggoda anda belum tentu dia jomblo hehe. Mungkin saja basa basi dia itu modus. Mungkin kebaikan dia itu cuma cover. Atau malah emang dia baik. Jadi sebenernya kenalan anda itu orang baik - baik atau nggak sih ?


Nah, untuk menyimpulkan dia itu kenalan yang baik atau engga, begini ciri - cirinya



1. Baru kenalan dah minjem uang ?

Ciri - Ciri Kenalan Anda Orang Yang Nggak Bener - PernahJadiHot

Sengaja saya taruh poin ini di nomer pertama karna memang poin ini yang kepikiran pertama bwahahaha. Jadi anggaplah anda diajak kenalan sama yang namanya Bobby, anggap aja Bobby adalah kenalan anda di lingkungan rumah atau sekolah yang baru atau kenalan sekantor, atau mungkin seranjang ? Baru kenal 1 jam yang lalu, hmm Bobby sih smart orangnya dan bawaannya asik juga. Waktu lagi enak - enaknya ngobrol masalah cowok eh tiba - tiba dia langsung tanya ke anda "Bro ada uang nggak, cuma Rp10.000 aja nih bro buat beli pulsa" What ? Baru kenal dah berani pinjem uang ? Saran saya jangan dipinjami bro soalnya ini dia lagi nyerang sisi kebaikan anda. Karna berdasarkan pengalaman guru silat saya, 78.9% uang yang anda pinjam nanti nggak akan balik ! Kan sudah saya bilang siapa tau itu cuma modus untuk memeras harta kekayaan anda ! Kalo anda memang horang kaya nggak apa sih saya nggak maksa. Tapi pikir - pikir lagi, kira - kira pantes nggak orang baru kenal 1 jam yang lalu dah berani pinjem uang ? Iya kalau Bobby mantanmu pas waktu sekolah SD dulu...




2. Kenalan anda terlalu kepo tentang anda

Ciri - Ciri Kenalan Anda Orang Yang Nggak Bener - PernahJadiHot

Ini nih yang harus diwaspadai. Kenalan anda terlalu kepo ! Basa – basinya over, pertanyaannya terlalu menjurus. Kalo basa – basinya sekitar tentang pekerjaan atau cuaca, atau anak mana, atau anak siapa gitu wajar ya, cuman kalo si dia terlalu mengkorek – korek informasi itu pasti si dia punya maksud dan tujuan tertentu. Hmm saya bingung njelasinnya, gini aja saya kasih contoh :

Bobby :”Hai mbak.”
Beby :”Iya.”
Bobby :”Cuaca hari ini panas ya mbak.”
Beby :”Kan ini masih jam 7 pagi, lagian di luar juga lagi mendung, kamu habis mimpi basah ya ?”
Bobby :”Ah iya juga ya hahaha, by the way mbak anak mana nih?”
Beby :”Aku asal Surabaya.”
Bobby :”Owh, Surabaya mana nih aku juga dari Surabaya soalnya?”
Beby :”Ohh ya? Aku di daerah <sensor>.”
Bobby :”Oww deket dong sama rumah nenek aku ? Jadi mbak dah lama kerja disini?”
Beby :”Lumayan lama sih sudah 1 jam yang lalu, kenapa emangnya mas?”
Bobby :”Gakpapa, kapan – kapan boleh dong aku main ke rumah mbak hehehe. Emang di sebelah mana sih mbak rumahnya? Boleh
minta alamatnya? Apanya jembatan Washington?”
Beby :”Dibawahnya yang ada pohon kambojanya sama patung anak kecil handstand”
Bobby :”Tinggalnya sendiri?”
Beby :”Nggak, sama suami.”
Bobby :”...Suaminya kemana lho mbak ?”
Beby :”Itu di sebelahnya mas lagi sembelih kecoak.”

Jadi gitu intinya, kalo kenalan anda terlalu mencari tau tentang anda, alamat rumah anda, istri anda berapa, suami anda berapa, rumah anda sepi jam berapa pokoknya jangan terlalu ditanggepin, arahin aja ke topik pembicaraan lain. Karna orang baik – baik pasti menghormati privasi orang yang baru dikenal, ya kan?




3. Ngikutin anda terus !

Ciri - Ciri Kenalan Anda Orang Yang Nggak Bener - PernahJadiHot

Nah ini pengalaman yang dialami guru silat saya si Bobby tadi, jadi ceritanya di kantor ada orang baru. Direkrut 1 jam yang lalu. Lihat gayanya sih fine – fine aja seperti orang kekurangan kebanyakan. Walau mukanya agak ngeselin. Kebetulan orang baru tadi kerjanya bersebelahan meja sama Bobby, kadang – kadang si orang baru kesulitan sama pekerjaannya si Bobby ikut membantu, bel istirahat berbunyi, seperti biasa si Bobby pergi ke warung Beby. Si orang baru ngikutin sambil ngobrol – ngobrol santai. Ah nggak papa mungkin lagi adaptasi nih si newbie, pikir Bobby. Setelah puas makan siang, jadwal si Bobby selanjutnya bobok cantik di belakang tandon, tak lupa mampir toilet mall sebelah buat buang hajat. Eh tapi kok si orang baru nempel terus ya sama Bobby, sampe dibela – belain di toilet pipis sebelahan. Bahkan sampe bobok cantik pun orang baru nggak juga menyingkir. Ahh wajar ya hari pertama bagi dia. Tapi kok sudah seminggu kayak gini terus ya ? Bikin risih. Waspada. Kenalan seperti itu mungkin ada niat nggak bener kalo terlalu nempel sama anda terus – terusan. Apalagi dia suka bom ping malam – malam. Waduh jangan – jangan dia ‘menyimpang’ hehehe.




4. Ngajak anda berbuat nggak bener

Ciri - Ciri Kenalan Anda Orang Yang Nggak Bener - PernahJadiHot

Kayaknya nggak usah saya jelaskan ya, yang jelas kalo ada kenalan anda yang baru kenal udah ngajak yang aneh – aneh jelas dia orang yang nggak bener. Baru kenal aja dah ngajak kikuk kikuk. Baru kenal udah ngajak minum minum, baru kenal dah ngajak karaoke. Iya kalo situ yang bayarin hehehe... Nggak nggak bercanda kok. Pokoknya jangan ditanggepin kalo si dia nggak tahu malu ngajak – ngajak anda berbuat yang enggak enggak. Kecuali anda sendiri juga orang yang nggak bener hehehe. Saran saya tolak dengan halus dan santai supaya nggak tersinggung juga kan si dia.




5. Gampang janji dan gampang ingkar janji

Ciri - Ciri Kenalan Anda Orang Yang Nggak Bener - PernahJadiHot

Nggak sekedar kenalan sih, bahkan temen lama pun bisa kayak gini. Yang saya bahas kenalan anda aja deh. Jadi dia sendiri yang bikin janji eh dia sendiri yang ingkar janji. Misal anda ada kenalan dari Instagram ngajak kongkow gitu di mall bintang tujuh. Ceritanya si Bobby, si Modari dan si Idoni janjian ketemuan di mall minggu depan jam 1 dah nyampe tempat. Itu yang punya rencana si Bobby. Karna si Bobby lagi nyari boneka kikuk kikuk buat teman boboknya. Lebih enak saya kasih contoh percakapan aja ya :

Percakapan lewat grup Whatsapp
Modari :”Gays, kalian dimana?”
Idoni :”Aku lagi di toilet lantai atas. Masih cuci keris. Kalian dimana?”
Modari :”Aku lagi di restoran mek donal nih, Bob kamu dimana?”
Bobby :”Bentar gays aku masih benerin elpiji, bentar lagi berangkat. 15 menit.”
15 menit kemudian Modari dan Idoni sudah ada di spot janjian. Sementara itu Bobby...
Bobby :”Iya bro sabar bro ini barusan aja buang hajat, bentar lagi berangkat kok paling sekitar setengah jam.”
30 menit berlalu
Modari :”Janc*k bob nangdi koe ???”
Bobby :”....”(kirim stiker love)
Dan akhirnya
Bobby :”Gays, maaf ya kayaknya ditunda dulu kongkownya. Pas mau berangkat ini ternyata elpijinya nggak mau nyala padahal sudah saya taruh di atas kompor. Mungkin minggu depan aja kita atur lagi ya maaf lho.”
Modari :”(Bakar mall)”
Idoni :”(Kembali ke toilet, cuci keris)”

Kira – kira begitulah percakapannya, kalo dah temenan lama masih bisa maklum. Lha ini dia yang janji – janji sendiri eh dia juga yang batal – batalin sendiri. Apalagi alasannya nggak masuk akal. Wah kesan pertama aja dah buruk. Kalo jadi saya mending saya sate itu orang.



Saya jadi ingat pepatah jangan menilai buku dari covernya. Cuman yang pertama dilihat itu pasti covernya. Kalo covernya aja meninggalkan kesan yang bagus pasti lebih dari 60% dalamannya juga bagus. Inget ya kalo ada kenalan jangan langsung buka informasi siapa dirimu, jangan beri kepercayaan yang tinggi atau jangan langsung percaya dan jangan langsung selalu mengiyakan ajakannya. Ingat, anda punya privasi. Dan misalnya anda mau kenalan, berikan kesan pertama yang bagus. Nggak semua orang nyaman dengan anda. Jangan membuat risih juga. Ada kesulitan, bantu seperlunya. Nggak usah over tapi juga jangan pasif.
Itu dia sedikit pengalaman dari saya. Mau diskusi silahkan, yang mau cuci keris juga silahkan. Saya mau lanjut nyetir dulu. Sudah ya. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya.



Post kiriman: (Nama Dirahasiakan)

Postingan terkait: